Hanger bearing dan bushing lori sawit merupdakan komponen
yang sangat penting dalam menunjang pergerakan lori sawit. Bearing dan bushing
lori pabrik kelapa sawit (PKS) di Indonesia secara umum terbagi menjadi 2
bagian besar, yaitu metal dan non-metal. Berikut ini adalah pros & cons
atau kelebihan dan kekurangan masing-masing material tersebut yang mungkin
dapat menjadi referensi yang baik untuk anda dalam menentukan material yang
tepat guna untuk meningkatkan umur pakai bearing/bushing pada lori pabrik
kelapa sawit di Indonesia.
Tipe
bearing/bushing
|
Merk yang umum
|
Material
|
Kelebihan (+)
|
Kekurangan (-)
|
Rolling bearing
(bearing bambu/ spherical roller bearing)
|
SKF/ FAG/ TIMKEN/ RBA/ TWB, dll
|
- bearing steel, pengikat besi
- bearing steel, pengikat kuningan
- Special treated steel
|
- Koefisien friksi nol karena berputar.
- Putaran halus
- dapat di gunakan untuk high speed.
- tidak merusak shaft.
|
- ketahanan beban terbatas
- selalu harus ada grease
- harga cenderung tinggi.
- Kurang baik dalam menahan beban kejut/shock loading
- perlu spesifikasi grease khusus untuk menahan suhu
tinggi
|
Bushing Metal
|
Local/ Armasparts
|
Bronze / kuningan
|
- Harga cenderung murah
- ketersediaan material banyak
sehingga cepat produksinya.
|
- harus di gemuk atau di oli terus menerus
-tidak tahan beban tinggi
- tidak tahan putaran medium
- mudah merusak shaft
|
RBA
|
Bronze Alloy RB-BNZ®
|
- Desain dapat mengirit pemakaian gemuk / oli
- Tahan beban tinggi
- Tahan putaran medium
- Lebih aman terhadap shaft-nya
|
- waktu pengerjaan sedikit lebih lama
- harga awal (initial) cenderung lebih tinggi
|
Oiles/ RBA
|
-Oiles
-RB-BSL®169
|
- Bebas gemuk, bebas oli
- tahan beban tinggi
- Lebih aman terhadap shaft
- Tahan temperature tinggi hingga 250°C
- Desain simple dan mudah penggantian dan pemasangan (plug
& play)
|
- harga awal (initial) cenderung tinggi
- waktu pengerjaan lebih lama
|
Bushing Non-Metal
|
Poliplus/ RBA
|
Poliplus (Biru/ hitam)
Nyloil (hijau)
Oil Nylon (hijau/ merah)
RB-MOS/P (biru, hitam, hijau, merah)
|
- Bebas pelumasan
- lebih tidak merusak shaft-nya.
- Harga cenderung murah
|
- Tidak mampu menahan beban tinggi
- Tidak untuk temperature tinggi
- Limbah dapat mencemari lingkungan
|
Railco/ RBA
|
Railco (coklat/hitam)
RB-MOS/D800P (coklat)
RB-MOS/D800(hitam)
|
- Tahan beban tinggi
- Anti macet / anti seize
- Bebas gemuk (maintenance-free)
- Tahan beban kejut (shock)
- Baik menahan beban sudut
- Aman terhadap shaft-nya
|
- Ketahanan beban material akan berkurang seiring kenaikan
temepartur mulai dari 100°C.
- Harga cenderung tinggi.
|
Note:
-seluruh merk, kelebihan dan kekurangan
yang di tampilkan pada tabel di atas hanya di gunakan untuk referensi, di
dasarkan pada pengalaman penulis dan tidak bertujuan untuk mendiskreditkan
pihak/merk/material manapun.
-kelebihan dan kekurangan di
atas adalah secara umum. Perlu ada peninjauan lebih jauh mengenai spesifik
material/ assy. terhadap performa-nya masing-masing.
APA YANG PT RAJA TEKNIK
ADITAMA DAPAT BANTU?
Kami dapat membantu anda melakukan identifikasi part maupun
penemuan akar masalah atas hanger bearing dan bushing, maupun failure
analysis (analisa kegagalan) bearing/bushing hanger dan rekomendasi
material, tipe, bentuk dan desain yang paling cocok di gunakan untuk aplikasi
lori sawit anda dengan kondisi spesifik di lapangan dalam rangka peningkatan
umur pakai bushing.
Repair hanger bearing dan perbaikan housing bushing dapat di
lakukan oleh team engineer kami berikut studi kelayakan dalam hal umur pakai
maupun biaya (costing).
Untuk informasi lebih lanjut, silahkan leluasa hubungi kami
PT Raja Teknik Aditama
Telp : 021-2258 5797
WA : 0822 1347 1467
Email: sales@rtateknik.com
Website: www.rtateknik.com
Ecommerce: www.armasparts.com
Marketplace: www.tokopedia.com/armasparts
Comments
Post a Comment